Tuesday, June 12, 2007

Omzet...

Pembaca...
melihat judul diatas pikiran kita terus membayangkan tentang uang, tentang jumlah pembeli, membayangkan ibu-ibu atau anak-anak yang sedang mengantri di kasir kita untuk melakukan pembayaran. Atau kadang membayangkan urutan tanggal yang disampingnya ada kolom angka yang menerangkan pendapatan harian kita... banyak sekali...
Dan ilmu tentang bagiamana menaikkan omzet sudah banyak sekali kita temukan di berbagai sumber. Juga di blog pak Fauzi , pak Roni  dan banyak lagi ilmu bagaiamana menaikkan omzet. Namun kendala kita kadang bingung juga,sudah melakukan persis seperti itu omzet tidak beranjak naik juga. Seperti pengalaman pribadi saya, mengenai di reSHARE rabbani.
waktu Grand Opening tanggal 20 Mei yang lalu, omzet mencapai angka yang fantastis, sekitar 35 juta. Besoknya juga lumayan bagus mencapai rata-rata 2 juta tiap harinya. namun semakin hari omzet semakin menurun. Dan titik terendahnya sekitar 4 Hari yang lalu hanya 300 ribu. Sempat panik juga, coz menurut perhitungan omzet tiap hari minimal harus 1.5 juta untuk bisa menutup overhead cost dan angsuran bank. Dan kondisi toko waktu itu memang sepertinya tidak mempunyai nyawa. Ada satu dari lima karyawan yang kurang puas dengan gaji yang saya berikan, dan membuat semangat kerjanya sangat menurun. Toko yang tutup jam 8, dia pulang jam 5, yang lain ikut briefing pagi dengan semangat, dia ikut tapi memperlihatkan muka yang masam, dst. Pokoknya membuat aura dan jiwa toko sama sekali tidak ada.
So, hal ini kemudian mempengaruhi karyawan yang lain, dan semangat mereka juga menurun. Setelah hal ini saya benahi, saya panggil karyawan tersebut,saya tanya ini itu dsb, yang akhirnya dia berjanji untuk semangat lagi, esok harinya omzet sudah mulai jalan lagi. Mulai naik,dan 2 hari ini diatas 2 juta tiap harinya.
Hal ini seperti yang digambarkan oleh Joe Vitale dalam Attractor Factor(faktor penarik, faktor pemikat, mungkin kalo secara jawa ya Semar Mesem... :). Jadi Attractor Factor ini akan bekerja kalo ada semangat, keriangan, kebahagian dst.. pokoknya yang postif-positif gitulah...
So, ada baiknya kalo sebelum menerapkan ilmu-ilmu untuk meningkatkan omzet, meningkatkan profit, dsb, kita SEMANGAT dulu. Kalo waktu kita memasuki toko kita pagi hari dan merasakan ada "jiwa" di toko kita, artinya ada semangat. Dan siap-siaplah untuk kenaikan omzet pada hari ini...

Demikian,semoga bisa bermanfaat...
salam,
yoyox
www.rabbaniku.blogspot.com

0 comments: