Saturday, August 18, 2007

Dimanakah Letak Tuhan di film the secret?

 

seal-the-secret no distributorDear pembaca, menyambung kesimpulan saya setelah nonton tentang the Secret, kali ini saya akan membahas letak Tuhan dalam the Secret movie. Seperti yang terlintas pada pikiran saya setelah nonton the secret untuk yang pertama kali, sepertinya tidak ada penyebutan Tuhan di The Secret Movie. Jadi anggapan saya pertama kali melihat filmya adalah Manusia sendiri lah penentu hidupnya, dengan menyeimbangkan diri dengan alam. Tuhan tidak ada di The Secret Movie.

Namun jika kita melihat lagi, dalam the Secret ada pengakuan bahwa ada kuasa yang lebih besar daripada umat manusia, yaitu alam semesta. Siapa pun atau apapun itu, bagi saya tidak masalah. Yang penting, pemahaman saya, kita, anda semua dan Rhonda , penulis the Secret, sama, bahwa ada suatu kuasa yang lebih besar dari kita.

Pada The Secret, disebutkan bahwa Dunia diciptakan oleh "Energi!". Sifat energi itu sendiri selalu ada, sesuatu yang tidak diciptakan, tidak bisa dimusnahkan, energi sudah ada dan akan selalu ada, energi bisa berubah bentuk, satu bentuk ke bentuk lain.

Sifat-sifat dan penjelasan mengenai energi ini mirip dengan penjelasan mengenai kata "Tuhan" yang saya kutip dari wikipedia Indonesia yang menjelaskan "Kata Tuhan merujuk kepada suatu Zat Abadi dan Supernatural, biasanya dikatakan mengawasi dan memerintah Manusia dan alam semesta atau jagat raya. Hal ini bisa juga digunakan untuk merujuk kepada beberapa konsep-konsep yang mirip dengan ini misalkan sebuah bentuk energi atau kesadaran yang merasuki seluruh alam semesta, di mana keberadaan-Nya membuat alam semesta ada; sumber segala yang ada; Kebajikan yang terbaik dan tertinggi dalam semua makhluk hidup; atau apapun yang tak bisa dimengerti atau dijelaskan. Dalam istilah filsafat eksistensi tuhan itu dikenal sebagai absolut, distinct dan unique. Absolut itu artinya keberadaanya mutlak bukannya relatif. Dengan kemutlakannya, tuhan tentunya tidak terikat oleh tempat dan waktu. Baginya tidak dipengaruhi yang dulu atau yang akan datang. Tuhan tidak memerlukan tempat, sehingga pertanyaan tentang dimana tuhan hanya akan membatasi kekuasaannya. Maka baginya tidak ada kapan lahir atau kapan mati...."

Penjelasan itu hampir sama. Bisa dikatakan kalo Tuhan itu mempunyai sifat; Tuhan selalu ada, sesuatu yang tidak diciptakan, tidak bisa dimusnahkan, Tuhan sudah ada dan akan selalu ada... sama seperti penjelasan tentang Energi... So, kalo begitu Tuhan adalah energi? Eit, jangan buru-buru ambil kesimpulan seperti itu.

Kita sebagai orang islam, hanya menganggap satu-satunya tuhan adalah Allah. Allah adalah Esa, tunggal. Dan sifat-sifat Allah sangatlah sedikit apabila hanya di samakan dengan sifat sebuah Energi. So, kita sebagai umat islam, malah mempunyai sesuatu panutan yang kekuasaannya melebihi kekuatan alam yang digambarkan dalam the Secret... Intinya adalah itu, entah itu Alam semesta, Energi atau apa sebutannya, The Secret mengakui adanya sesuatu "bentuk" yang menguasai segala-galanya, pengatur segala-galanya, dan mempunyai sifat yang absolut, distinct dan unique.

Pada chapter III di Film the secret digambarkan di analogikan kita mempunyai Lampu ajaibnya Jin, yang akan selalu mengabulkan apapun permintaan kita. "Permintaanmu adalah perintah bagiku" dia selalu berkata begitu. Itu sebenarnya sama saja dengan Doa yang kita panjatkan ke hadlirat Allah swt. Doa biasanya sebuah permintaan kita kepada Allah dan kita berharap agar Allah mengabulkan Doa kita. Dalam The Secret ada 3 langkah yang harus kita lakukan agar permintaan kita di kabulkan. Yang pertama itu adalah Ask (minta), kedua adalah Answer (jawaban), yang ketiga adalah Receive (menerima). Akan coba saya bahas satu-satu dengan menggabungkan The Secret dengan pemahaman kita akan ke Esaan Allah.

Ask (minta), Anda harus meminta apa yang Anda mau. Anda tidak perlu mengatakannya untuk meminta. Cukup bisikkan dalam hati, di keheningan malam. Pusatkan perhatian. Mungkin bisa mulai dengan ucapan  "Saya bahagia dan bersyukur atas ..." lalu ucapkan dalam hati apa yang Anda inginkan

Answer (jawaban), adalah Jawaban dari keinginan Anda. Ini yang akan dijalankan oleh Alam Semesta (versi the secret) / Allah. Allah akan menjawab semua doa kita. Dan Allah lah yang akan mengatur segalanya. Dan Allah lah yang menentukan baik buruknya sesuatu buat kita.. Bagi Allah tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Jadi kita tinggal menunggu apa yang menjadi keputusanNYA. Anda tidak perlu tahu bagaimana
Allah mengatur semuanya. Bagaimana apabila permintaan kita tidak kunjung di kabulkan olehNYA? Anda meminta, Anda baru menjalankan satu langkah, bukan apa-apa selain meminta. Ada langkah berikutnya yang harus Anda mengerti, yaitu langkah ketiga.

Receive (menerima), dimana Anda harus memposisikan diri agar sejalan dengan apa yang Anda minta. Ketika Anda sejalan dengan keinginan Anda, Anda akan merasa luar biasa. Disinilah ada rasa antusias, ada rasa kebahagiaan, disinilah ada rasa penghargaan, disinilah ada rasa kecintaan. Tapi bila Anda merasa khawatir, takut tidak dikabulkan, pesimis atau bahkan marah, ini adalah pertanda bahwa Anda tidak sejalan dengan apa yang Anda inginkan. Lalu, jika Anda mulai mengerti bahwa perasaan Anda adalah segalanya, dan Anda mulai mengarahkan pikiran Anda pada bagaimana perasaan Anda, sedikit demi sedikit Anda akan menemukan cara menempatkan perasaan Anda, dan bagaimana menyatu dengan perasaan, dan lalu mulai mewujudkannya ke dalam pengalaman yang nyata. Ketika Anda mewujudkan fantasi menjadi kenyataan, Anda akan mulai bisa membuat fantasi yang semakin besar dan itu adalah proses kreatif Anda.

Bisa terjadi, Anda bangun tidur, lalu semua itu terwujud. Atau mungkin Anda punya inspirasi, ide atau tindakan yang harus dilakukan. Anda tidak seharusnya melakukan, bila:
"Saya bisa jalani tapi saya tidak suka itu!" Karena Anda tidak berada di jalur yang benar, bila itu pikiran Anda. Tindakan sering kali diperlukan, dan bila apa yang Anda lakukan sudah sejalan dengan apa yang Allah kehendaki, Anda akan merasa bahagia, Anda akan merasa hidup, waktu seakan-akan berhenti, Anda bisa bekerja sepanjang hari...

Begitulah.... dan mengenai rentang waktu di kabulkan apa yang menjadi Doa kita itu tergantung kita sendiri mintanya kapan. Yang namanya besaran waktu maupun ruang merupakan alat ukur manusia untuk menentukan lama dan cepatnya maupun luas dan sempitnya sebuah bentuk. Dan Allah tidak dibatasi dengan hal-hal yang serupa dengan hal ini...

Jadi kesimpulannya, The Secret mengatakan bahwa kekuasaan tertinggi lah yang menentukan semua kodrat hidup manusia. Kekuasaan tertinggi itu bukan alam semesta seperti yang di katakan berulang-ulang di the Secret, namun pencipta alam semesta, yaitu Allah swt. DIA lah satu-satunya kekuasaan tertinggi yang menentukan semua jalan hidup kita, atas pilihan kita sendiri. Dan The Secret yang baru diterbitkan awal tahun 2007 ini, sebenarnya merupakan cuplikan kecil dari kehebatan ajaran-ajaran islam yang telah ada dari jaman Nabi Muhammad SAW dulu.... beruntunglah kita umat islam...

Demikian pembaca, itu adalah kesimpulan saya berdasarkan referensi yang saya baca dan ajaran-ajaran yang saya dengar... semoga ada manfaatnya...

Salam,

Yoyox

http://rabbaniku.blogspot.com

9 comments:

tshendra said...

Persepsi saya mengenai The Secret, saat menjelaskan energy & God :
"You are extensions of source energy. You are here in these magnificent bodies but your bodies have distracted you for the most part, from who you really are. You are source energy. You are eternal beings, you are God force. You are that what you call God!(Esther Hicks).
Kok jadi begitu ya ujungnya?.
Saya tidak sependapat, manusia ini bisa apa? kena virus flu aja yang sekecil itu saja, badannya lemah. Ditimpa bencana, kita tidak berdaya. Apalagi kalau Allah "menggulung" alam semesta? Bisa apa? We are human, and always be human. Kejadian yang tidak menyenangkan, musibah/ bencana, kehilangan materi dll sebetulnya adalah pengingat, bahwa kita adalah manusia, yang terbatas kemampuannya. Bersandarlah pada yang Tidak Terbatas..... Allah Subhanahu Wa Ta'ala.... tentunya juga harus berusaha karena : Innalloha la yughoyyiru maa bi qaumin, hatta yughoyyiru maa bi anfusihim... Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum, hingga kaum itu merubah dirinya....

Anonymous said...

aku juga kurang sependapat ...
namun mungkin melihatnya dari terms makhluk hidup

Tumbuhan punya raga,
hewan punya raga dan jiwa,
manusia punya raga, jiwa, dan ruh...
Ruh/spirit itu bagian dari keilahian ...
ia ada bahkan setelah manusia wafat

Anonymous said...

THe Universe yg disebut dalam The Secret sebenernya bisa mengarah ke Tuhan atau sistem sunnatullah yg diciptakanNya. Sistem ini berlaku baik pada muslim maupun bukan. Gawatnya, the secret bisa mbikin orang terinspirasi untuk jadi atheis.

Anda bisa baca komentar2 yg menarik di posting ttg Disclaimer ttg bagian the secret yg menyesatkan.

Fhard said...

Hati2 begitu banyak motivasi seolah olah semua nya dapat dilakukan dengan
kekuatan kemauan manusia (kesombongan)sampai sakit pun bisa disembuhkan lama kejakinan ini berbahaya,bahkan seolah olah alam semesta akan mengabulkan semuanya jadi bukan pencipta alam semesta Allah sendiri.Bukan kah Allah akan memberikan Yg paling terbaik bagi umatNya Yang percaya Dan berharap padaNya,dimana yg kita anggap baik belum tentu baik dimata Allah

Anonymous said...

Assalamualaikum..
Terimakasih atas ilmunya, saya terhentak puas ketika membaca definisi Tuhan dan sifat absolutnya yang tak terbatas oleh dimensi dan ruang, sehingga kita tidak tahu secara fisik dimana dan bagaimana Tuhan itu. Lalu bagaimana cara kita agar lebih yakin dan tahu keberadaan-Nya? Apakah dengan mengkaji tanda-tanda kebesaran-Nya?
mohon untuk penjelasannya, maaf jika kurang berkenan, terimakasih dan Wassalamualaikum..

Anonymous said...

THE SECRETbr
The Secret sederhananya hanya berbicara mengenai ENERGI!.
perlu diingat dan diuraikan Hukum Kekekalan Energi:

1.Energi yang masuk = Energi yang keluar.

2.Energi sejatinya tidak dapat diciptakan dan tidak bisa di musnahkan.

3.Energi bisa/dan selalu berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya,tanpa terikat tempat dan waktu.


4.Energi selalu menjaga keseimbangan.

Jika The Secret mengangkat sebuah kekuatan alam dan menepatkan pada kekuatan yang tiada tara di jagat itupun sah-sah saja.Tidak ada yang aneh, kurang atau berlebihan.


Kekuatan yang ada pada THE SECRETSudah ada ribuan tahun sebelum ada ajaran HINDU, BUDHA,TAO,YAHUDI,KRISTEN dan JUGA ISLAM(si bungsu). Lebihnya, agama dan aliran kepercayaan itu mendeskripsikan kekuatan itu sebagai KEKUATAN ALAM YANG MAHA DAHSYAT YANG HANYA BERASAL DAN DIMILIKI OLEH "YANG MAHA KUASA"

TIDAK ADA 2 KEKUATAN yang ada dalam semesta ini!, dan "THE SECRET" menyajikan dalam bentuk yang sangat universal, itulah mengapa RHONDA pantas mendapat acungan jempol dari seluruh manusia tanpa terikat agama apapun. Jika ada orang yang mengecilkan karya RHONDA sebagai karya yang biasa-biasa saja, DIA harus mempertanggung-jawabkan dengan tanyalah pada diri-sendiri " Apa yang bisa dia lakukan untuk menyaingi karya RHONDA?, jangan BESAR MULUT :), Siapa diri anda ?"



THE SECRET harus di telaah dari banyak sisi, karena dia berbicara sangat universal.
Agama,berbagai ajaran Kebatinan,dan Beladiri ( dan lain-lain, kalo ada????)



TIDAk CUKUP JIKA HARUS SAYA MUAT DISNI !!!



"lebih singkat dan tepat jika THE SECRET saya antar dengan kata "SPIRITUAL".
sadar atau tidak sadar THE SECRET Telah mengajar Spiritual kepada kita semua...saya dan anda..."


Jika anda mengkaji the secret lemah dari pandangan agama, satu pertanyaan SPIRITUAL saya tanyakan kepada anda....

"Berapa jarak alam semesta jika anda mengukur dengan 1 tangan anda..??



jika anda bisa menjawab dengan benar, maka saya atas nama bangsa indonesia mengucapkan "Anda lebih hebat dari RHONDA & THE SECRET, kemampuan spiritual anda telah menyaingi DALAI LAMMA


saya tunggu di : tegoehmario@aol.com

Anonymous said...

Tuhan/Allah adalah energi? Yap baru tahu ya kan Allah boso arabnyo

A.S said...

Post yang bagus.
Ya bagaimanapun, menurutku, yang menurut kita baik resapi, kalau buruk tinggalkan, karena sebagus apapun karya kalau menimbulkan persepsi yang salah pada diri kita juga berbahaya. Saya pribadi InsyaAllah masih dapat mengambil intisari dari film ini.

Anonymous said...

Filem ini sangat luar biasa,bisa memotivasi hidup seseorang, salut pada pembuatnya yang mau sharing dng sesama, dan film ini dibuat tidak unutk mencari keuntungan, atau hiburan shngga tidak masuk dalam rating, tapi film ini di buat untuk mereka yang benar2 mau merubah hidup dan mereka yang memiliki kemauan kuat untuk maju, jd memang tidak semua orang yg bisa memahami filem ini